Selamat pagi Malaysia! Berhubung hari ini yulika sama anna balik ke Indonesia, gue berencana untuk melanjutkan petuaangan gue ke melaka. Pagi ini gue check out homestay jam 7. Sepi banget di luar homestay, beda sama jakarta yang jam segini udah macet dimana mana. Keluar homestay kita langsung menuju KL sentral. Naik momorail dari bukit bintang cuma 2.1 RM. Karena dua temen gue balik hari ini, mereka beli oleh oleh dulu dan gue ikutan mereka. Kita beli di central market, salah satu pasar dengan bangunannya yang bersejarah. Dari depan stasiun KL sentral kita naik bis rapid malaysia seharga 1 RM dan langsung turun di halte pasar seni, pas di depan central market. Disana gue cuma beli beberapa suvenir aja dan langsung cari sarapan. Disana ada restoran india yang lumayan murah, namanya yosoof and zakeer restaurant. Nasi lemak + teh tarik cuma 4.5 RM. Dan porsinya cukup buat 2 orang. Udah kenyang, kita balik lagi ke KL sentral naik bis yang tadi kita tumpangi.

Gue pisah di sentral sama temen temen gue yang langsung naik bis ke KLIA. Gue yang tinggal sebatang kara di negei orang memutuskan buat langsung naik KTM Komuter ke bandar tasik selatan. Harga tiketnya cuma seringgit aja. Nyampe di stasiun bandar tasik selatan, gue langsung nyebrang ke terminal bersepadu selatan. Terminal ini tuh termasuk gede, tujuan utama dari bis yang berasal dari malaysia bagian selatan, termasuk singapura. Interior di terminal ini juga cakep banget, udah kayak bandara. Ada ruang tunggu dan pakai sistem boarding pass. Gue langsung ke konter tiket bis tujuan melaka sentral. Gue dapet tiket metrobas yang gue tebus dengan harga cuma 10 RM. Setelah dikasih tiket sekaligus boarding pass, gue langsung ke ruang tunggu di lantai bawah. Ternyata bis nya udah datang. Gue langsung naik ke bis dan perjalanan darat 2 jam pun dimulai.

Gue nyampe di melaka sentral jam 3 sore. Ga bisa dibilang sore juga sih karena jam 3 disini masih panas banget. Gue langsung ganti bus naik panorama melaka no.17 dengan tiket 1.5 RM. Tujuan bis ini adalah kawasan heritage melaka. Sebagian besar penumpang bis ini adalah wisatawan asing dan gue sempet dikira orang lokal sama bule swiss yang gue lupa namanya. Gue turun di kawasan stadthui jam 4 dan udah rame sama turis yang lagi nyore disana. Gue langsung nyari tempat buat tidur di kawasan jonker. Setelah uter muter nyari available room, akhirnya gue dapet dorm di sayang sayang guesthouse seharga 17 RM. Disana gue dapet kenalan baru dari indonesia. Namanya mas putra, backpacker asal surabaya yang udah sebulan keliling asia tenggara. Akhirnya sore itu gue keliling sama mas putra di kawasan stadhuis.

Gue baru sadar pas setelah magrib, kawasan stadhuis dan jonker udah sepi. Ternyata ini adalah kawasan pecinan dan besok adalah tahun baru cina. Gue sama mas putra muter muter di jonker street 2x buat cari makanan. Hasilnya? Ga ada satupun kedai yang buka. Gawat nih, akhirnya kita balik ke hostel dan makan seadanya: roti tawar yang gue bawa dari indonesia + abon bekal mas putra. Lumayan bikin kenyang walaupun kurang puas. Yah daripada ga makan sama sekali. Sebelum tidur, gue ngabisin waktu dengan ngobrol sama mas putra dan seorang backpacker cewe asal jepang yang nginep di tempat yang sama.

Karena semalam keasikan ngobrol, hari ini gue bangun jam 10. Gue liat di kasur seberang mas putra masih ngulet antara mau bangun tapi masih ngantuk. Karena udah kesiangan, rencana gue hari ini keliling melaka dicancel. Setelah mandi, gue dan mas putra langsung brunch nasi goreng di pasar kampong jawa seharga 3 RM. Dari pasar kampong jawa kita langsung ke halte dan naik bis ke melaka sentral. Disana gue beli tiket balik ke KL dan mas putra beli tiket bis buat lanjut ke singapura. Bis gue berangkat jam 2 siang dan disitulah perpisahan gue sama mas putra.

Gue nyampe di terminal bandar tasik selatan jam 4 sore. Dari sana gue langsung ke KL sentral naik KTM komuter. Udah sore perut gue udah mulai lapar. Akhirnya gue makan di yosoof and zakeer dengan menu yang sama kayak kemarin. Dari sana gue bingung mau kemana lagi. Akhirnya gue jalan kaki muter muter ga jelas. Di tengah kebingungan gue itu lah akhirnya gue nyampe di petaling street, pasar malamnya KL. Setelah nongkrong disana, gue balik ke sentral dan naik bis menuju LCCT. Gue nyampe di LCCT jam 10. Berhubung besok gue flight jam 8, berarti gue punya waktu tidur sampe subuh. Gue pun tidur di depan konter check in yang udah mulai sepi. Bangun jam 5, gue langsung bersih bersih. Setelah selesai check in dan urusan imigrasi, gue menuju ke gate. Tepat setengah 8 udah ada panggilan boarding. Akhirnya, terima kasih malaysia atas perjalanan singkat ini.