Suatu pagi gue dan Fitri udah ngemper di seberang Plaza Medan Fair. Rencana pertama kami hari ini adalah cari penginapan di Medan buat 3 hari. Gue dan fitri udah searching, kalo banyak penginapan murah dekat masjid raya medan. Untuk menuju kesana, kita ga tau harus naik apa dan turun dimana. Kenapa ga naik taksi? Itu karena kita emang cuma bawa uang pas pasan.

Suasana minggu pagi yang hujan bikin orang malas keluar rumah. Terbukti, pagi itu jalanan kota Medan sepi banget. Hujan pagi itu juga bikin gue "dingin" terhadap sekitar, alias cuek. Hujan juga bikin kita berdua malas beranjak dari tempat berteduh. Fitri yang mungkin udah mulai bete karena hujan, nyuruh gue buat nanya rute angkot ke masjid raya. Gue pun ogah ogahan buat nanya ke orang lain.

Fitri punya inisiatif buat nyebrang jalan ke arah pool damri entah mau ngapain. Gue ditinggal sendiri dan disitu gue mikir kalo Fitri udah mulai kesel sama cueknya gue. Gue ga mau kalah, ceritanya gue mau balas kelakuan dia dengan pergi ga bilang. Gue nyusurin jalan yang mengarah ke persimpangan lima dengan berharap fitri bakal liat dan ngejar gue. Ternyata enggak! Yaudah gue lanjut aja susurin jalan dan berhenti di penjual bubur ayam. Sambil makan gue masih berharap Fitri nyusulin gue dan lewat depan penjual bubur.

Handphone gue bunyi. Fitri telpon! Pas gue jawab ternyata dia marahin gue karena pergi ga pamit. Akhirnya dia nyusulin gue dan gue balik ke arah Plaza Medan Fair. Kita berdua papasan di jalan Fitri sempat bilang ke gue, "mending ngetrip sendiri sendiri aja kalo begini, nanti ketemu lagi di bandara pas flight balik". Dia pun langsung ngambil dompetnya yang disimpan dalam tas gue dan pergi jalan kaki entah kemana.

Gue sempat kesal waktu ditinggal pergi setelah Fitri marahin gue. Bisa aja saat itu juga gue pergi ke arah yang lain. Tapi disana gue ingat kalo kita berdua yang book flight ke Medan pp dan merencanakan trip ini berdua. Rasanya sayang banget kalo trip ini berantakan karena saling emosi. Gue memutuskan diam diam ngikutin Fitri diam diam dari belakang. Gue khawatir terjadi sesuatu sama fitri kalau kondisi emosi lagi labil. Saat itu gue mulai sadar, gue harus minta maaf sama Fitri.

Fitri berhenti di lampu merah dan keliatannya dia lagi tanya sesuatu ke seseorang yang naik motor. Ternyata dia masih belum tau arah ke masjid raya. Sebelum dia lanjut jalan, gue langsung panggil dan menuju arahnya. Setelah minta maaf, kayaknya emosi Fitri masih tinggi. Sambil nyusurin jalan di tengah gerimis, gue cerita alasan kejadian di seberang Plaza Medan Fair tadi. Pelan pelan dia mulai bisa kontrol emosi. Kita berhenti di depan sebuah warung dan nanya ke penjaga warung arah ke masjid raya. Setelah dikasih tau, kita pun naik angkot yang mengarah ke tujuan kami.

Dalam sebuah perjalanan, ada kalanya kita gak tau harus ngapain. Pada saat itu kita dituntut untuk mulai berpikir jernih. Kesampingkan dulu ego, terutama jika perjalanan terdiri dari lebih satu orang. Satu hal yang juga sangat penting ketika merasa stuck, mulailah berinisiatif!