Mendapatkan tiket promo yang super murah dan bisa pergi ke suatu destinasi impian terlebih menggunakan pesawat pasti jadi hal yang diidam-idamkan bagi traveler kere semua orang. Dalam suatu obrlan di malam galau gue dan Fatah merenung meratapi kenyataan sulitnya mendapatkan tiket promo sekarang ini. Memang sih, airlines tetap menaruh label promo di website dan akun social media mereka, tapi menurut kita harga yang ditawarkan tetep aja nggak masuk di kantong mahasiswa macem kita berdua. 

FYI aja, tiket promo termurah yang pernah kita dapatkan yaitu seharga goceng alias lima ribu perak dengan rute Bandung – Pekanbaru dan Jakarta – Semarang yang ujung-ujungnya nggak jadi kita pake dan end up gue jual ke orang seharga 100 ribu rupiah each, lumayan buat beli cireng kan? Hahaha emang dasar gue emak-emak nggak mau rugi. Selain itu kita juga pernah dapet tiket seharga ceban alias sepuluh ribu perak yang kena admin dll sampe jadi 40 ribu tapi gue akalin pake diskon member baru di tiket.com (tetep emak-emak pelit) sehingga ujung-ujungnya cuma perlu bayar 20 rebu dengan rute.... jeng-jenggggg... Denpasar – Hong Kong

Ebuset jauh amat pit ke Hong Kong? Lah elu kan di Jakarte Depok gimana caranya ke Denpasar?? Huahaha tenang saja, kita bisa pinjem roket yang biasa dipake buat ke Bekasi kok, Denpasar doang mah keciiilll ye gak

Ok skip kepanjangan, btw sedikit cerita tentang mendadak ke Hong Kong bisa dibaca di sini, sini dan sini

Nah, pagi ini waktu buka-buka e-mail dengan label promotions gue menemukan e-mail  dari Air Asia yang membuat mata gue seketika terbelalak (lebay deng ) yang isinya begini:

Fly from Rp. 0*when book with hotels! Limited offer! Yogyakarta, Palembang, Singapore, Kuala Lumpur, Johor Bahru and Penang

Tanpa ba bi bu lagi gue langsung meluncur ke website airasiago.com dan tidak memedulikan tanda bintang di email tersebut.. Sekedar info, airasiago.com sendiri cukup sering mengadakan promo serupa dengan berbagai tujuan. Yang membuat promo kali ini eyecatching di mata gue adalah travel periodnya yaitu 1 – 31 januari 2015. Wow lumayan pas banget sama jadwal gabut gue liburan kuliah!

Gue pun iseng memasukkan rute Jakarta – Yogyakarta dan tanggal asal di travel period itu. Untuk:
  • Menginap 1 malam di hotel tiada berbintang
  • Penerbangan PP plus bagasi
  • Tax tax tax penerbangan dan hotel yang gue ga pernah apal apa aja
ternyata mendapatkan harga sekitar 350 ribu! Untuk menginap 2 malam sekitar 450 ribu. Yuhuuu emeziiiing! Memang sih untuk hotel yang gue pilih rate aslinya ga sampe 350 ribu per-malam sehingga klaim free flight  ini tidak sepenuhnya benar, tapi tetep murah kok (kemungkinan harga segitu untuk pajak hotel, surcharge penerbangan dll)

Memang harga di atas ga segila harga goceng, ceban atau promo gila lainnya tapi itu ada best deal yang cukup worth kok. Untuk perbandingan, harga tiket kereta api sejuta umat ekonomi per 1 januari yang sudah tidak lagi disubsidi pemerintah yaitu berkisar 100-150 ribu rupiah sekali jalan. Menginap di penginapan sekitar malioboro berkisar 100-150 ribu per malam. Total harga 450 ribu TAPI lu harus rela duduk tegak sempit-sempitan selama 8 jam huahaha mending naik pesawat kan bisa upload foto #fromwindowplane di Instagram, check in Path di bandara atau pura-pura adegan kaya Cinta dan Rangga :3

Nah, sedikit tips untuk mendapatkan harga yang sesuai harapan di airasiago.com :

  1. Cari penerbangan bukan di tanggal merah maupun weekend. Pergilah di hari selasa dan pulang di hari kamis. Kalo dirasa terlalu sebentar, pulanglah di hari selasa minggu berikutnya. Masih terlalu sebentar? Gak usah pulang! Huahaha
  2. Terus hotelnya harus booking ngikutin penerbangan? Nggak perlu, cukup centang pilihan “saya hanya perlu hotel di sebagian trip saya” dan cukup isi 1 malam, sisanya silahkan nebeng di kos temen kalian
  3. Cermat dalam memilih penerbangan dan pilihan kamar. Biasanya untuk free flights ini jadwal penerbangan yang ditawarkan yang rada-rada ga enak gitu namanya juga gratis. Jangan pilih penerbangan jam 5 subuh kalo sekiranya lu ga bakal bisa nyampe bandara jam segitu. Untuk kamar, jangan ngoyo pilih yang 0 rupiah. Gue contohin di bookingan percobaan gue tadi dengan nambah 8000 perak bisa dapet kamar dengan add ons  continental breakfast dan free wifi. Lumayan kan daripada lumanyun
  4. Jangan males bereksperimen untuk mencari rute dan tanggal-tanggal lain yang menawarkan harga termurah
  5. Nabung yang banyak supaya bisa standby  terus kalo sewaktu-waktu ada promo huahaha (ngomong sama diri sendiri)
Akhir kata, selamat sidang skripsi berlibur!

0 comments:

Post a Comment

Jangan segan untuk komen / bertanya / sharing ya! :)