Bisa dibilang perjalanan ke Hong Kong kali ini tanpa persiapan sama sekali. Boro boro nyari tiket, kepikiran buat ngetrip kesana aja enggak pernah. Awalnya gue dapet sms dari fitri kalo dia minta ijin buat ke Hong Kong bareng temen kampusnya, lina. Dia dapet tiket PP ke Hong Kong 298ribu, iya, dalam rupiah. Orang gila darimana yg mau ngejual tiket semurah itu ke tempat sejauh itu? Akhirnya gue minta ngikut bareng mereka. Tanggal udah ditentuin mau berangkat tanggal 15 desember, dari denpasar dan baliknya via surabaya. Buset gue sempet mikir beberapa kali dengan keberangkatan dari Denpasar itu, secara kondisi keuangan gue dalam masa kritis dan jadwal kuliah gue juga ga asik. Setelah mikir beberapa kali akhirnya diputuskan kalo gue sama fitri berangkat tanggal 16 dan lina tetap berangkat tanggal 15. Berarti gue harus berangkat ke Bali tanggal 15, tentunya ngeteng dengan kereta Sri Tanjung yang masih ringan buat dompet gue.

Tanggal 15 pagi gue memulai perjalanan gue dari stasiun lempuyangan. Disana gue ketemuan sama fitri yang masih kucel setelah dipepes semaleman di kereta progo dari jakarta. Akhirnya kereta kita berangkat tepat waktu jam 7.30. Tumben nih on time, padahal gue ngarepnya ngaret, biar pas nyampe bali udah rame. Oke gue harus tahan dengan perjalanan belasan jam di kereta.

Gue nyampe di stasiun banyuwangi udah jam 9 malam. Kita mutusin buat tidur di bangku depan pintu stasiun, lumayan buat lurusin pinggang setelah perjalanan lama di kereta. Bangun jam 1 langsung jalan kaki ke pelabuhan ketapang buat naik ferry. 45 menit di ferry gue pake buat selonjoran lagi sambil ngisi perut yang kosong pake popmie, terpaksa makan itu karena emang cuma itu yang paling murah. Nyampe gilimanuk udah jam 3 WITA, kita langsung jalan kaki ke terminal dan naik bis ke denpasar. Selama di bis gue ga nyaman sama sekali, mau tidur tapi kaki mentok sama bangku depan. Akhrinya gue berhasil menemukan zona nyaman gue di bis itu dengan sibuk depan layar hape buat mastiin sewa motor di bali yang udah dibooking sama fitri pas kemaren di kereta. Jam 7 pagi nyampe di terminal ubung denpasar yang masih sepi. Mati, gue bingung mau ngapain. Nungguin yang mau nganter motor sewaan tapi kelamaan. Cuman bisa duduk duduk depan alfamart kayak pengemis belum dapet sumbangan. Akhirnya motor sewaan itu nyampe di terminal ubung jam 8 pagi. Ngaret sejam!

Jadwal flight ke hong kong jam 21.30, berarti gue punya waktu buat short trip di bali. Lumayan lah, lumayan buat ngabisin duit yang harusnya dipake ke hong kong! Begitu motor sewaan datang, langsung bilang ke yang nganter kalo balikinnya hari itu juga pas magrib. Oke udah janjian pas magrib di bandara, waktunya explore bali. Gue sama fitri langsung nyari pom bensin, padahal tangki bensin masih penuh. Bukan buat ngisi bensin, buat mandi di toilet pom bensin. Habis itu kita langsung ke daerah kuta buat nyari dollar hong kong di money changer. Ternyata ga ada satupun money changer yang punya HKD. Akhirnya kita ke bank mandiri dan bni di kuta buat nyari HKD. Ternyata ga ada juga! Apa apaan ini destinasi wisata internasional tapi ga punya satupun HKD. Kita diarahkan buat ke bni pusat di renon. Mana gue tau daerah renon tuh ada di ujung mananya bali? Setelah frustasi akhirnya fitri ngajak ke sanur. Sanur ga ketemu, malah jadinya muter muter ga jelas. Saat setengah nyasar gitu fitri dapat wangsit. Tiba tiba dia nyuruh gue berhenti, ternyata itu adalah daerah renon yang katanya di bni sana punya HKD. Akhirnya ketemu juga tuh bni dan gue langsung nuker sejuta rupiah dapetnya 600an HKD buat modal berdua di hong kong. Dari sana gue langsung nyari tempat makan siang dan nemuin warteg di jalan arah ke kuta. Jangan tanya harganya, yang pasti lebih murah daripada di jakarta. Habis makan siang yang kesiangan, kita langsung ke kuta buat nikmatin pantai siang bolong. Puas foto foto, kita langsung tidur tiduran tengah pasir berasa pantai milik sendiri. Panasnya gila, neraka bocor! Gue ga bisa tidur dan gue mutusin buat ikutan main bola sama bule bule asutralia. Si fitri biarin aja dah gue tinggal, paling bangun bangun langsung kering. Lagi seru main tiba tiba mendung gelap, padahal masih jam 4. Akhirnya udahan main bola trus bangunin fitri buat ngajak langsung ke airport.

Baru aja jalan keluar parkiran motor langsung hujan. Pake jas hujan ga mempan, tetap aja basah ngerembes. Ditengah hujan deras gue berusaha nyari jalan ke airport yang ujungnya nyasar lagi. Setelah lewatin rintangan macet dan banjir, akhirnya kita nyampe di airport jam 6 magrib dengan kondisi basah kedinginan. Sselesai administrasi sewa motor, kita cuek aja masuk international departure diliatin banyak orang. Selesai check in langsung ke gate imigrasi dan langsung ke toilet bandara buat mandi. Seger habis mandi langsung ke waiting room dengan kantong mata tebal karena kurang tidur. Jam 8.45 udah dipanggil boarding. Hong kong, here we come!!