Ga terasa hampir 5 jam di pesawat gue pake buat tidur, pesawat udah approaching HKIA pas gue bangun. Berhubung masih jam 2 pagi, turun dari pesawat kita langsung ke arrival hall terminal 1 buat lanjut tidur...

Jam 6 pagi kita bangun karena udah mulai rame. Habis sarapan pake roti + selai yang dibawa dari Indonesia, kita langsung ke gate imigrasi. Pagi itu cuaca gerimis dan gue ga tau harus kemana dulu, yang ada gue sama fitri keliling airport buat cari spot tidur nanti malam. Udah capek keliling, gue langsung ke konter tiket mtr yang ada di airport buat beli tourist day pass 55 HKD per orang. Tourist day pass ini bisa dipake sesuka lo di semua rute mtr kecuali airport express, Lo Wu dan Lok Ma Chau dalam durasi 24 jam sejak tap in pertama. Habis beli tiket gue mampir dulu ke sevel buat beli jas hujan yang harganya 8 HKD. Habis itu gue langsung keluar airport nungguin bis.

Halte bis HKIA

Di luar dingin banget, kalo kata yahoo weather sih 8 derajat selsius. Buat kulit orang tropis kayak gue harus pake mantel tebal biar ga masuk angin. Pagi ini gue mau ke tung chung dulu. Bisa dibilang turis gembel kayak gue sama fitri yang cuma modal tourist day pass harus ke tung chung buat naik mtr. Itu karena tourist day pass ga bisa dipake dari/dan ke airport. Kita naek bis double decker rute S1 seharga 3.5 HKD. Bayarnya tinggal masukin ke celengan yang ada di samping sopir aja. Jadi kalo lo mau masukin koin seribu buat kerokan atau koin timezone juga ga bakal ketahuan. Gue sama fitri yang norak pertama kali naik bis double decker langsung ngambil tempat duduk di atas buat rekam video perjalanan.

Ga sampe setengah jam kita udah nyampe di tung chung. Tujuan pertama kita adalah big budha statue di ngong ping. Kita langsung ke loket yang jual tiket PP ke ngong ping, harganya gue lupa, kalau ga salah 18 HKD per orang PP. Sebenarnya ada transportasi lain ke ngong ping naik cable car. Ngong ping ini letaknya rada naik ke atas bukit gitu. Berhubung hari gerimis dan berkabut, gue pikir percuma bayar mahal tapi ga keliatan panoramanya sama sekali jadi gue pilih buat naik bis aja. Lumayan juga irit pundi pundi dolar.

Perjalanan satu jam ga terasa karena lagi lagi gue tidur. Seingat gue jalannya naik turun bukit dan kita bisa liat laut di sisi kanan jalan. Awalnya sampe di ngong ping gue turun dari bis dan masih ga sadar kalau gue udah nyampe. Kabut tebal jadi ga keliatan apapun, jarak pandang cuma 5 meter. Sempet bingung cari arah, akhirnya gue nemuin loket big budha statue dan ternyata free admission. Untuk sampai di big budha statue kita harus naik ratusan anak tangga, dan karena kabutnya tebal, patungnya itu sama sekali ga kelihatan dari bawah. Waktu menapaki anak tangga itu, gue ngerasa kok belum nyampe padahal udah naik jauh. Akhirnya patung budha mulai keliatan dibalik kabut dan ga terasa gue udah hampir nyampe. Sampe di atas ga sesuai ekspektasi gue yang ngebayangin tempat wisata terkenal pasti rame. Disana sepi dan ternyata gue baru tau kalau loket baru buka 5 menit sebelum gue sampe ngong ping. Pantes aja...

Selain satu patung budha segede gaban, di sekitarnya ada beberapa patung lain seukuran manusia. Masing masing patung kecil itu dikasih pagar dan ada papan larangan “don’t throw any coin in this area”. Tapi sama aja kayak di Indonesia, banyak koin berserakan disana, dan ternyata gue nemu koin gopek sama seribuan diantara koin HKD dan mata uang lain yang gue ga pernah dengar. Disana otak kriminil si fitri mulai jalan. Selagi masih sepi dia ngajak gue buat ngumpulin banyak koin dari patung patung di sana. Berhubung di negara orang dan jaga wibawa, gue nolak ajakan itu. Fitri diam diam ngumpulin sendiri koin takut ketahuan orang. Untungnya ga lama setelah fitri mulai ngumpulin koin, ada mas mbak pasangan minta fotoin mereka yang ternyata mbaknya orang bintaro dan masnya asli petojo. Dengan harapan ga mau bikin malu bangsa sendiri, akhirnya fitri berhenti ngumpulin koin. Setelah dihitung hasilnya hampir 10 HKD, lumayan buat modal kawin katanya. Padahal kalo dirupiahin cuma cukup buat sekali makan di warteg.

Di kawasan ngong ping ini ada beberapa objek yang bisa dikunjungi. Selain big budha, ada wisdom path, po lin monastery dan museum. Dari big budha, kita langsung ke wisdom path. Jalannya menyusuri hutan kecil yang menurut gue masih kalah cakep sama hutan di Indonesia. Sampai disana kita cuma nemuin patok dari coran semen dengan tulisan wisdom path. Jauh jauh ke hong kong cuma liat patok beton, di jalan pantura juga banyak. Habis jalan susur hutan, hujan tambah deras, suhu makin dingin, angin makin kencang, perut mulai lapar. Mau buka bekal roti tapi sayang buat sarapan di airport aja. Akhirnya gue ngajak fitri balik ke tung chung buat cari makanan murah. Halte bis udah penuh sama orang yang antri naik bis ke tung chung. Angin kencang bikin gue sama fitri tetap basah biarpun udah pakai jas hujan. Akhirnya Tuhan ngirim bidadari penyelamat yang lebih cakep daripada fitri. Dua orang mbak mbak chinese di belakang gue ngasih pinjam payung biar gue sama fitri ga makin basah karena hujan. Dan gue pun merasa hangat dengan menikmati muka mbak mbak mbak cakep nan baik hati ini sampai ga terasa bis udah datang. Makasih mbak, lupa tanya nama dan nomor hp.

Balik di tung chung ga tau harus makan dimana. Akhirnya kita masuk ke mall citygate outlets di seberang stasiun mtr. Sempat keliling ga jelas akhirnya fitri nawarin beli mie goreng di sevel. Harganya ga sebanding sama porsi. 15 HKD cuma dikasih ukuran setengah porsi mie instan di Indonesia. Gue masih lapar! Gue merengek sama fitri sebagai penasihat keuangan trip ini buat cari makan lagi. Akhirnya kita nemuin foodcourt dan pesen mie khas kanton. Lumayan mahal hampir 40 HKD tapi cukup buat dua porsi. Biarpun rasa ga sesuai selera, yang penting kenyang dan ga kedinginan.

Ga terasa udah jam 2 siang. Suhu dingin dan mendung bikin gue mikir kalo ini masih jam 6 pagi. Tujuan berikutnya setelah makan adalah museum of science dan avenue of star. Dari tung chung kita naik mtr sampai transit di lai king dan pindah jalur turun di tsim sha tsui. Exit stasiun tsim sha tsui langsung ikutin arah dari peta yang diambil di airport. Di tengah jalan hujan makin deras. Akhirnya fitri beli payung seharga 20 HKD dan kita jalan kaki di bawah payung berdua, persis di film bollywood. Sampai museum of science kita ga langsung masuk. Ternyata besok masuk museum gratis. Sebagai turis kere kita ga pikir panjang buat menunda masuk museum ini demi dapat yang gratis. Dari sana kita balik arah menuju ke avenue of star di Salisbury road.

Peringatan East Asian Games tepat di belakang museum of arts

Avenue of star ada persis di riverside belakang museum of arts. Disana ada beberapa patung orang terkenal yang asalnya dari hong kong. Tapi kok ga ada yang gue kenal selain bruce lee. Sore itu kita keliling kawasan avenue of star sampai harbour city. Ga terasa udah gelap, kita balik jalan kaki ke avenue of star. Disana tiap jam 7, 8 dan 9 malam ada pertunjukan symphony of lights. Kombinasi lampu dan musik antara avenue of star dan harbour front jadi salah satu daya tarik wisata avenue of star tiap malam. Puas sama symphony of lights kita langsung balik ke penginapan: airport. Jalan kaki ke stasiun mtr tsim sha tsui, transit di lai king dan turun di tung chung.

Salah satu patung di Avenue of Stars

Sebelum kembali ke tung chung, kita sempat turun di stasiun mong kok. Keluar dari exit E2 langsung sampai di ladies market, pasar malamnya hong kong. Disini kita cuma liat liat dan beli flashdisk seharga 20 HKD. Yang asik disini, pedagangnya banyak yang bisa bahasa indonesia. Ah pasti ini tempat langganan TKW atau turis Indonesia kalau mau cari oleh oleh. Setelah dari ladies market, kita balik ke stasiun mong kok dan lanjut ke tung chung. Dari tung chung kita naik bis S1 lagi ke airport. Sampai di airport kita langsung mandi di toilet, isi ulang air minum, makan roti dan langsung tidur di deretan kursi samping McD terminal 1. Selamat malam, hong kong.