Candi dekat Jakarta? Emang ada?

Buat lo yang mau liat candi tapi males pergi jauh jauh atau ga mau bolos dari kuliah dan kerjaan, candi ini bisa dijadikan pilihan buat sekedar liat liat atau ngeksis di instagram dengan pose yoga berlatar belakang candi. Contohnya aja gue dan Fitri yang kebetulan punya waktu kosong pas weekend Idul Adha kemarin, guepun mengajak Fitri untuk “mencari” candi tersebut (soalnya belum pernah kesana dan modal nekat aja)

Ternyata letaknya ga jauh kok, cuma dua jam dari Jakarta, tepatnya di Kabupaten Karawang. Namanya Candi Jiwa. Cocok banget buat lo yang mau jalan jalan bareng belahan jiwa. Bagi yang jomblo tenang aja, ga ada yang ngelarang lo buat kesini kok. Fitri sendiri seneng banget begitu melihat tiba-tiba ada candi di tengah persawahan yang padinya mulai menguning plus terdapat satu pohon teduh besar dipojokannya yang menurut Fitri romantis abis kaya di film keluaran Disney, “UP” tepatnya di adegan si nenek dan kakek yang menghabiskan masa tua duduk bersama dibawah pohon tersebut.

How To Get There?

Candi Jiwa adalah candi Buddha yang letaknya ada di karawang bagian utara. Jadi lo perlu masuk ke pedalaman karawang. Dari pusat kota karawang ikutin aja jalan ke arah rengasdengklok. Di sepanjang jalan lo bakal lewat berbagai macam tempat tempat bersejarah yang sayang banget kalo lo ga mampir. Disana ada rumah bekas pengasingan Bung Karno. Kalo ga mau rugi, lo harus masuk dan belajar memahami gimana perjuangan merebut kemerdekaan.

Sepanjang perjalanan lo bakal bisa menikmati pemandangan khas pedesaan yang super kece. Lo bakal liat cukup banyak warga yang melakukan aktivitas di kali yang ada pas di pinggir jalan. Kalo beruntung, lo bakal menemukan kumpulan cewek lagi nyuci dan mandi di pinggir kali dengan pakaian yang you can see. Iya, kalo lo beruntung yah hahaha.

Pokoknya untuk sampai di Candi Jiwa lo ikutin aja terus jalan raya dari rengasdengklok itu. Ketika lo sampai di pasar batu jaya, itu tandanya udah dekat dengan tujuan. Di sekitar pasar udah banyak papan petunjuk arah menuju candi. Candi Jiwa ini terletak di situs percandian batu jaya. Setelah pasar lo akan diarahkan untuk belok kanan. Ikuti terus petunjuk jalan dan lo bakal menemukan lebih banyak papan petunjuk lagi yang nunjukin arah ke masing masing candi disana. Jadi sebenarnya situs ini punya banyak candi, tapi yang baru selesai dipugar cuma 3. Dari ketiganya, Candi Jiwa lah yang paling sering orang kunjungi.

Terus cuma ke candi aja nih?

Setelah puas di Candi Jiwa, jangan lupa buat mampir ke pantai tanjung pakis. Dari jalan sebelum belok kanan tadi, lo tinggal lurus ikutin jalan. Pokoknya mentok itu udah sampai pantai. Tapi saran gue hati hati aja. Walaupun sebenarnya jarak ke pantai itu ga jauh jauh banget, tapi perjalanan lo bakal terhambat sama jalanan yang sempit belum diaspal. Di perjalanan ini lo bakal ngerti apa itu sebenarnya goyang pantura. Sepanjang jalanan rusak berlubang yang bikin lo goyang karawang tadi, banyak banget warung remang remang dan penyewaan organ tunggal. Udah sedikit ngerti tentang goyang karawang kan? Berarti lo bakal dapat banyak pengalaman saat lo jalan jalan ke karawang.

Liat candi, belajar sejarah, ngintip cewek mandi dan bonus pantai juga. Kurang apa coba? Udah gitu cuma menghabiskan sehari aja untuk mengunjungi itu semua kalo lo dari Jakarta. Sempurna!

1 comments:

  1. How to Play Baccarat in the UK | Wurrione
    When playing Baccarat, your game will offer a multitude of betting options, ranging from 바카라 사이트 검증 small bets to large, long-term bets that

    ReplyDelete

Jangan segan untuk komen / bertanya / sharing ya! :)